Sunday, May 13, 2012

Artis Korea Lip Sync di Televisi



4minute


Baru dari kembali dari absen cukup lama, grup K-pop 4Minute dirundung masalah. Satu personelnya, HyunA, tertangkap kamera melakukan lip sync saat tampil dalam KBS Music Bank, sebulan lalu. Gara-gara hal memalukan ini, Manajemen 4Minute harus merilis permohonan maaf resmi kepada publik.

Sejak beberapa tahun terakhir, ada perubahan dalam penampilan grup dan penyanyi K-pop di televisi. Salah satunya, kehadiran vokal latar yang menyanyikan frase yang sama (vocal accompaniment).

Sebenarnya, ini bertujuan untuk meringankan beban. Saat penyanyi kehilangan nafas karena gerakan tari, vokal latar akan “mempertebal” suara yang lemah.

Kesalahan HyunA adalah tidak bernyanyi dengan tepat saat vokal latar itu dimainkan. Hal ini kemudian bergulir menjadi kontroversi, yang lebih besar dari yang pernah menimpa grup Wonder Girls.

Meski tak melakukan lip sync, Wonder Girls tersandung isu mengenai kemampuan vokal mereka. Menghabiskan lebih banyak waktu di Amerika Serikat, Wonder Girls kembali ke Korea Selatan dengan single baru, “Be My Baby” pada November tahun lalu.

Citra sebuah grup internasional dengan performa solid, luntur ketika penampilan mereka di televisi dianalisis dengan MR Removed, singkatan dari Music Recorded Removed. Ini adalah versi rekaman tanpa musik pengiring, hanya bagian vokalnya.

Di situ Wonder Girls terdengar menyanyi terbata-bata dengan nafas tersengal. Padahal lazimnya, grup K-pop harus dapat menari dan bernyanyi sekaligus dengan baik. Meski berstatus sebagai artis K-pop papan atas, kemampuan vokal Wonder Girls pun lantas dipertanyakan.

Tetapi MR Removed tak selamanya menakutkan. Taetiseo, sub unit dari Girls’ Generation yang terdiri dari Taeyeon, Tiffany, dan Seohyun – sebaliknya mendapatkan keuntungan dari MR Removed.

Taeyeon dan Tiffany mungkin tak perlu membuktikan kemampuan vokalnya karena memiliki pengalaman bermain dalam opera musikal. MR Removed dari single “Twinkle” yang baru mereka rilis awal bulan ini, justru menunjukkan kemampuan vokal luar biasa Seohyun yang sebelumnya kurang terekspos.

Dengan audit ketat seperti itu, akan sulit bagi artis K-pop untuk berani melakukan lip sync. Jangankan lip sync, meski sudah dibantu vokal latar, masih ada MR Removed sebagai senjata untuk melucuti kemampuan vokal yang sebenarnya.

Mau tak mau, artis K-pop harus bernyanyi dengan kemampuan yang baik dan melupakan untuk bergantung pada vokal latar, apalagi sampai melakukan lip sync. Sebab, kritikus musik dan penggemar selalu cermat dalam mengawasi mereka.

Lalu bagaimana dengan artis kita yang tampil di televisi?


sumber

Lihat yg lebih 'menarik' di sini !

0 comments

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.