Friday, July 27, 2012

Pesona Danau Ranau, Danau Cantik Di Sumatera

Danau - danau cantik banyak terdapat di Sumatera. Ada Danau Toba, Danau Laut Tawar, Danau Singkarak hingga Danau Gunung Tujuh. Dan ada satu lagi Danau cantik di pulau Sumatera, yakni Danau Ranau. Nama mungkin kalah dengan nama danau yang lain, tetapi danau ini adalah danau terbesar kedua setelah Danau Toba.

www.belantaraindonesia.org

Danau Ranau terletak di perbatasan antara Kabupaten Lampung Barat di Propinsi Lampung dan Ogan Komering Ulu ( OKU ) Selatan di Sumatera Selatan. Cuaca serba dingin akan Anda rasakan di danau ini.

Kebanyakan para wisatawan menikmati Danau Ranau dari Desa Lumbok, Kabupaten lampung Barat. Selama perjalanan menuju Danau Ranau, Anda akan disuguhi oleh limpahan alam yang serba hijau. Dari Kota Palembang, danau ini berjarak sekitar 342 kilometer.

Setibanya di sana, Danau Ranau mempunyai banyak pesona yang sudah menunggu Anda. Pemandangan Danau Ranau sangatlah indah. Danau yang terbentuk karena gempa dan letusan vulkanik dari gunung berapi ini, mempunyai sajian air danau yang biru, luas, dan tenang, serta pemandangan Gunung Seminung sebagai latarnya. Bagi para fotografer, pemandangan ini sungguh sempurna.

www.belantaraindonesia.org

Berjalanlah menyisir tepian danau sambil memotert tiap sisi danau ini. Ada dermaga dan perahu - perahu di tepian danaunya, objek foto yang sangat menarik. Sambil berjalan - jalan, Anda akan disapa oleh keramahan masyarakat yang menetap di sekitar danaunya.

Anda juga bisa naik boat untuk mengelilingi danau ini. Dengan kisaran harga Rp 100.000 - 200.000, Anda bisa menuju Pulau Marisa yang berada di tengah pulau atau menuju ke Gunung Seminung. Ada pemandian air panas di sana!

Jika ingin menghabiskan waktu lebih lama di Danau Ranau, ada beberapa resort atau homestay di sana. Ada Seminung Lumbok Resort yang nyaman dan menjadi favorit para wisatawan. Dengan kisaran harga Rp 200 - 400 ribu, Anda akan mendapat fasilitas yang nyaman. Resort ini terletak persis di pinggir danau, jadi Anda bisa puas menikmati pemandangan danaunya kapan pun.

www.belantaraindonesia.org

Untuk homestay, biayanya sekitar Rp 60.000 saja, hal ini pun tergantung dari tawar - menawar Anda kepada sang pemilik rumah. Akan tetapi, Anda bisa mengenal lebih dekat budaya dan adat masyarakat sekitar saat menginap di rumah penduduknya.

Siapkan jaket tebal saat berkunjung ke Danau Ranau. Udara dingin di sana akan menusuk tulang Anda. Siapkan juga kamera, karena pesona Danau Ranau sungguh memukau. source

Lihat yg lebih 'menarik' di sini !

0 comments

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.